Senin, 13 April 2020

Silabus Sosiologi Kelas XI

SILABUS
Nama Sekolah : SMA Utama 2 Bandarlampung
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI/1
Kompetensi Inti :  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai  bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
3.1Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis.

4.1Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis

























Pembentukan kelompok sosial

Dasar-dasar pembentukan kelompok
Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme   kelompok
Mengamati  proses pembentukan kelompok  sosial di masyarakat
Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan  kelompok  sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan untuk  menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai macam sumber
Menganalisis data agar dapat mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan untuk menanamkan sikap kesadaran diri dan tanggung jawab publik
Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial Sikap:
Observasi
Pengetahuan:
Penugasan
Tes tertulis
Keterampilan:
Proyek
Produk
Unjuk Kerja 12 X 45 menit
(6x pertemuan) Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
Peta konsep
OHP/Proyektor
Foto-foto/gambar
Buku-buku penunjang
Internet
3.2 Menganalisis permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis.

4.2 Memberikan respon dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial.

































Permasalahan sosial dalam masyarakat

Permasalahan sosial di masyarakat
Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik
Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik
Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik
Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik

Mengenali berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kekerasan, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi  berorientasi pemecahan masalah yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Melakukan survey di masyarakat setempat  tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya
Menginterpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kekerasan, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial sehingga tumbuh kesadaran diri untuk melakukan tanggung jawab publik atas permasalahan sosial yang ada di masyarakat
Mempresentasikan hasil  survey tentang permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan Sikap:
Observasi
Pengetahuan:
Penugasan
Tes tertulis
Keterampilan:
Proyek
Produk
Unjuk Kerja 12 x 45 menit
(6x pertemuan) Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
Peta konsep
OHP/Proyektor
Foto-foto/gambar
Buku-buku penunjang
Internet
3.3 Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis

4.3 Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial

Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat
Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik
Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik
Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik
Mengamati perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya  berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis
Melakukan wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial  yang ada di masyarakat dan pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis
Menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara
Merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis untuk  sikap kesadaran diri dan tanggung jawab publik di masyarakat berdasarkan hasil analisis
Mempresentasikan hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara Sikap:
Observasi
Pengetahuan:
Penugasan
Tes tertulis
Keterampilan:
Proyek
Produk
Unjuk Kerja 12  X 45 menit
(6x pertemuan) Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
Peta konsep
OHP/Proyektor
Foto-foto/gambar
Buku-buku penunjang
Internet













Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI/2
Kompetensi Inti :  3. Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
3.4 Menganalisis konflik sosial dan cara memberikan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.

4.4 Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.
Konflik, kekerasan, dan perdamaian

Konflik, kekerasan, dan perdamaian
Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian Mengamati gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara damai)
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan
Mengumpulkan data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat
Mengidentifikasi dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang  terjadi di masyarakat dengan menggunakan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat setempat
Menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) dalam rangka mmembentuk kesadaran diri dan tanggung jawab publik untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Mempresentasikan hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan Sikap:
Observasi
Pengetahuan:
Penugasan
Tes tertulis
Keterampilan:
Proyek
Produk
Unjuk Kerja 16  X 45 menit
(8x pertemuan) Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
Peta konsep
OHP/Proyektor
Sampling data
Buku-buku penunjang
Internet
3.5 Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.

4. Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar. Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan

Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial
Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial
Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat Mengamati dan mendiskusikan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan reintegrasi sosial
Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan  mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi
Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan  tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk memperkuat kesadaran diri dan tanggung jawab publik  sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Menyajikan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya penyelesaian konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam  berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.
Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk  mewujudkan kehidupan yang damai di masyarakat Sikap:
Observasi
Pengetahuan:
Penugasan
Tes tertulis
Keterampilan:
Proyek
Produk
Unjuk Kerja 16 x 45 menit
(8x pertemuan) Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
Peta konsep
OHP/Proyektor
Sampling data
Buku-buku penunjang
Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) 2021

  Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training (IHT) di SM...