SILABUS
Nama Sekolah : SMA Utama 2 Bandarlampung
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI/1
Kompetensi Inti : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
3.1Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis.
4.1Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis
Pembentukan kelompok sosial
• Dasar-dasar pembentukan kelompok
• Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
• Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok
• Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
• Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
• Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan untuk menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
• Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar dari berbagai macam sumber
• Menganalisis data agar dapat mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan untuk menanamkan sikap kesadaran diri dan tanggung jawab publik
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial Sikap:
• Observasi
Pengetahuan:
• Penugasan
• Tes tertulis
Keterampilan:
• Proyek
• Produk
• Unjuk Kerja 12 X 45 menit
(6x pertemuan) • Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
• Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
• Peta konsep
• OHP/Proyektor
• Foto-foto/gambar
• Buku-buku penunjang
• Internet
3.2 Menganalisis permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis.
4.2 Memberikan respon dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial.
Permasalahan sosial dalam masyarakat
• Permasalahan sosial di masyarakat
• Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik
• Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik
• Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik
• Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik
• Mengenali berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar
• Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kekerasan, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi berorientasi pemecahan masalah yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
• Melakukan survey di masyarakat setempat tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya
• Menginterpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kekerasan, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial sehingga tumbuh kesadaran diri untuk melakukan tanggung jawab publik atas permasalahan sosial yang ada di masyarakat
• Mempresentasikan hasil survey tentang permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan Sikap:
• Observasi
Pengetahuan:
• Penugasan
• Tes tertulis
Keterampilan:
• Proyek
• Produk
• Unjuk Kerja 12 x 45 menit
(6x pertemuan) • Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
• Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
• Peta konsep
• OHP/Proyektor
• Foto-foto/gambar
• Buku-buku penunjang
• Internet
3.3 Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis
4.3 Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial
• Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat
• Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik
• Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik
• Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik
• Mengamati perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar
• Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis
• Melakukan wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial yang ada di masyarakat dan pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis
• Menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara
• Merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis untuk sikap kesadaran diri dan tanggung jawab publik di masyarakat berdasarkan hasil analisis
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
• Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara Sikap:
• Observasi
Pengetahuan:
• Penugasan
• Tes tertulis
Keterampilan:
• Proyek
• Produk
• Unjuk Kerja 12 X 45 menit
(6x pertemuan) • Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
• Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
• Peta konsep
• OHP/Proyektor
• Foto-foto/gambar
• Buku-buku penunjang
• Internet
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI/2
Kompetensi Inti : 3. Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
3.4 Menganalisis konflik sosial dan cara memberikan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.
4.4 Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.
Konflik, kekerasan, dan perdamaian
• Konflik, kekerasan, dan perdamaian
• Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
• Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
• Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
• Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian • Mengamati gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara damai)
• Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan
• Mengumpulkan data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat
• Mengidentifikasi dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat setempat
• Menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) dalam rangka mmembentuk kesadaran diri dan tanggung jawab publik untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
• Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan Sikap:
• Observasi
Pengetahuan:
• Penugasan
• Tes tertulis
Keterampilan:
• Proyek
• Produk
• Unjuk Kerja 16 X 45 menit
(8x pertemuan) • Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
• Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
• Peta konsep
• OHP/Proyektor
• Sampling data
• Buku-buku penunjang
• Internet
3.5 Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.
4. Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar. Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan
• Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
• Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial
• Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial
• Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat • Mengamati dan mendiskusikan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
• Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan reintegrasi sosial
• Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi
• Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk memperkuat kesadaran diri dan tanggung jawab publik sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
• Menyajikan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya penyelesaian konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.
• Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan kehidupan yang damai di masyarakat Sikap:
• Observasi
Pengetahuan:
• Penugasan
• Tes tertulis
Keterampilan:
• Proyek
• Produk
• Unjuk Kerja 16 x 45 menit
(8x pertemuan) • Buku sumber Sosiologi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas XI Kurikulum 2013, Kun Maryati dan Juju Suryawati, Penerbit Erlangga, 2016
• Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
• Peta konsep
• OHP/Proyektor
• Sampling data
• Buku-buku penunjang
• Internet
Selamat datang di SMA Utama 2 Bandarlampung. Sekolah swasta berstandar nasional terakreditasi A, berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No 39 Bandarlampung.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) 2021
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training (IHT) di SM...

-
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN KARTU SOAL Tahun Pelajaran 2017-2018...
-
PROGRAM EKSTRAKULIKULER SENI SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kita panj...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar